Pertolongan Pertama TIPES Pada Anak



Pertolongan Pertama TIPES Pada Anak

 pertolongan pertama pada anak sangat perlu dilakukan dikala anak sedang dalam kedaan sakit jangan panik tetap santai dan beri pertolongan pertama. saya ucapkan selamat datang di website kami dan selamat membaca artikel kami, kali ini kami akan membahas tentang Pertolongan Pertama TIPES Pada Anak, selamat membaca semoga bermanfaat.


Pertolongan Pertama TIPES Pada Anak
Demam tifoid atau yang lebih sering disebut Tipes adalah penyakit infeksi saluran cerna yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhosa. Bakteri mi ditularkan memalui makanan dan minuman. Bakteri Salmonella ditemukan dalam tinja dan air kemih penderita. Mencuci tangan tidak bersih setelah buang air besar atau kecil meningkatkan risiko tertularnya penyakit in Selain itu, lalat merupakan carrier (pembawa) yang dapat memindahkan bakteri secara langsung dan tinja ke makanan.

Masuknya bakteri Salmonella typhosa ke dalam salurdn cerna aapa menyebabkan terjadinya peradangan pada usus penderita. Bahkan, pada kasus nfeksi berat dapat menyebabkan pendarahan dan perforasi (perlubangan) pada daerah yang terinfeksi. Bakteri ni dapat menetap di dalam saluran cerna penderita hingga satu tahun.

CARA PENULARAN PENYAKIT TIPES
Penyakit ni ditemukan di seluruh dunia dan cara penularannya melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhosa. Selain melalui makanan dan minuman secara Iangsung, bakteri Salmonella typhosa dapat dipindahkan dan tinja penderita ke makanan oleh alat atau serangga am.
Setelah bakteri Salmonella typhosa masuk ke dalam tubuh, bakteri ini akan cepat berkembang biak di saluran cerna penderita dan masuk ke dalam peredaran darah. Seteah itu, akan muncul gejaa-gejala demam tipoid.

GEEJAL.A PENYAKIT TIPES
Gejala mulai timbu setelah 8 - 14 han terinfeksi. Adapun gejala yang umumnya muncul adalah demam, nyeri send, sakit kepala, sembelit, sakit perut, dan penurunan nafsu makan.

Setelah 2 - 3 han kemudian, suhu tubuh meningkat dan dapat mencapai 39 - 40 °C. Pola panas mengikuti kurva pelana kuda, mulai menurun setelah minggu ke-2, naik sedikit pada minggu ke-3, kemudian turun dan norma kembali pada minggu ke-4.

Bilaa tidak cepat diobati, akan terjadi peradangan usus bahkan perforasi (perlubangan) jaringan yang teninfeksi. Pada kasus infeksi berat dapat menyebabkan kehilangan kesadaran dir, kejang, dan koma.
Gejala yang juga sering muncul adalah munculnya bintik merah (rose spot) pada bagian dada dan perut, mulai han ke-2 minggu ke-2 setelah terinfeksi.

BAGAIMANA PENANGANAN PENYAKIT TIPES
Demam tipoid dapat berlangsung hingga 3 minggu. Penyakit mi adalah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Bila terlihat gejata penyakit mi sebaiknya penderita segera dibawa ke dokter. Pengobatan tipes dilakukan dengan antibiotik yang tepat, seperti Ampicillin, Kiorampenikol, Trimethoprimsulfamethoxazole, ciprofloxacin atau levofioxacin.

Untuk menurunkan demam dapat diberikan kompres air dingin/ alkohol. Penderita dianjurkan minum air putih yang banyak untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Penderita juga dianjurkan mengonsumsi makanan yang bertekstur halus.

BAGAIMANA CARA MENCEGAH PENYAKIT TIPES

    Mencuci tangan hingga bersih (memakai sabun) setelah buang air Desar dan buang air kecil.
    Makan makanan yang bersih dan higienis.
    Membuang sampah pada tempatnya.
    Menghindarkan din pada kondisi lingkungan yang kotor.
    Membasmi serangga pembawa (carrier), seperti lalat, ngengat dan ku m bang.
    Menempatkan septiktank minimal 10 meter dan sumber air bersih.
    Makan secara teratur dan tepat waktu.
    Istirahat dan olahraga yang cukup untuk menjaga vitalitas dan daya tahan tubuh.
    Untuk pencegahan, dapat dilakukan pemberian vaksin tipes: oral maupun injeksi (suntik), terutama bila berada cukup lama pada daerah yang terjang kit (endemik).
    

Cukup Sekian Informasi Pertolongan Pertama TIPES Pada Anak , Semoga bermanfaat

0 Response to "Pertolongan Pertama TIPES Pada Anak"

Posting Komentar