Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan 

 Brokoli merupakan tanaman hijau yang memiliki sejuta manfaat dan kegunaan untuk kesahatan serta sebagai makanan, brokoli memiliki kegunaan sebagai makanan dan dapat digunakan untuk kesehatan seperti dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dapat mencegah stroke dan dapat juga digunakan untuk menurunkan berat badan, sayuran hijau ini memiliki banyak kandungan vitamin c.
Sebagai bahan makanan brokoli biasanya diolah dengan cararebus, dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus, Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker. Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.
sayuran hijau
Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

    Kandungan vitamin C dan asam amino sulfur membuat brokoli  sangat baik yang dapat membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.
    Brokoli mempunyai kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.
    Membantu kesehatan bayi dalam kandungan, kandungan folat dalam brokoli dapat membantu mencegah terjadinya cacat saraf seperti spina bifida di dalam janin.
    Brokoli berdiri sebagai sumber yang paling terkonsentrasi terhadap vitamin C, ditambah flavonoid yang diperlukan untuk vitamin C agar mendaur ulang secara efektif. Juga terkonsentrasi dalam brokoli adalah karotenoid lutein, zeaxanthin, beta-karoten, dan antioksidan kuat lainnya.
    Penelitian merekomendasikan makan lebih banyak brokoli dan sayuran hijau lainnya karena mengandung phytochemical yaitu bersifat anti kanker. Studi menunjukkan bahwa brokoli dapat mengurangi risiko jenis kanker seperti kanker payudara pada wanita, kanker paru paru dan usus besar.
    Para peneliti juga menemukan bahwa senyawa yang disebut sulforaphane dalam brokoli  mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV
    Mencegah anemia, kandungan zat besi dan asam folat dalam brokoli bermanfaat untuk mengatasi anemia karena kekurangan zat besi.
    Penelitian menunjukkan bahwa karotenoid lutein (pigmen organik) yang terdapat pada brokoli dapat mencegah degenerasi makular terkait usia dan juga katarak, serta memiliki efek anti kanker

Demikianlah infomasi kesehatan dari sayuran hijau yaitu brokoli yang memiliki berbagai macam kegunaan untuk kesehatan dan sebagai makanan yang baik


0 Response to "Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan"

Posting Komentar