Cara mengatasi jerawat gatal-gatal

Cara mengatasi jerawat gatal-gatal

Mengatasi jerawat yang disertai dengan gatal-gatal 


Gatal-gatal pada jerawat adalah hal yang wajar, karena pada daerah tersebut biasanya melibatkan jamur. Atau bisa jadi karena keringat. Tapi ada solusi untuk jerawat yang kering dan disertai dengan gatal.

Definisi
Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat. Ketika kulit memproduksi minyak terlalu banyak dan anda memiliki akumulasi sel-sel mati di permukaan, maka minyak dapat terperangkap oleh kulit mati di pori-pori dan menyumbatnya. Ketika bakteri ikut terlibat, maka tonjolan di kulit berupa jerawat mulai terbentuk. Mereka yang mempunyai jerawat disertai gatal-gatal, cenderung memiliki kulit yang kering, yang bahkan dapat menyumbat pori-pori lebih lanjut.

Gejala
Jerawat yang gatal sering beriringan dengan kemerahan, peradangan dan bahkan lecet-lecet di kulit. Yang dapat membuat proses perawatan jerawat menjadi lebih sulit.

Produk kosmetik yang harus diwaspadai
Bahkan mereka yang tidak memiliki jenis kulit kering dapat mengalami gatal-gatal saat berjerawat. Hal ini disebabkan banyak produk perawatan jerawat menyerap minyak keluar dari kulit, dan ikatan kulit tertarik dengan kuat sehingga dapat menakibatkan retak, terkupas dan meradang. Bahan yang iritant seperti pewarna, pewangi, paraben dan natrium lauril sulfat, harus dihindari pada setiap produk kosmetik yang dipakai. Hindari toner yang mengandung alkohol, dan hanya menggunakan perawatan sekali sehari jika gatal terus berlanjut.

Cara mengatasi jerawat gatal
Produk untuk mengatasi jerawat harus dapat  mengurangi minyak dan mendorong pengelupasan dari sel-sel kulit mati. Kulit kering cenderung mengakibatkan penumpukkan sel kulit mati dengan lebih cepat. Sehingga pastikan bahwa wajah anda dikelupas dengan sempurna agar timbunan kulit mati yang menyumbat pori bisa dibersihkan.

Gunakan cleanser atau peeling scrub untuk mengeluarkan kotoran dari pori-pori anda. Dan menggunakan pelembab bebas minyak untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik, tanpa menyumbat pori-pori anda kembali.

Pencegahan
Ada beberapa langkah mencegah jerawat yang gatal. Misalnya, mencuci kulit anda dengan air hangat, (bukan air panas, yang bisa membuat gatal parah). Gunakan produk yang hanya sesuai kekuatannya dengan ketahanan kulit anda. Jika perawatan jerawat yang kuat harus digunakan, American Skin Association merekomendasikan untuk menggunakan perawatan dengan pelembab bebas minyak. Hindari berjemur di bawah sinar matahari. Jika anda pergi ke luar gunakanlah tabir surya bebas minyak untuk mencegah kulit anda dari kekeringan. Karena bila kekeringan, yang ada malah jerawat menjadi gatal.

    Jerawat gatal dapat menjadi masalah, namun jika mengatasinya dengan metoda yang benar maka tidak akan menjadi gatal. Salah satu alasan utama jerawat mulai gatal adalah bahwa orang dengan jerawat cenderung untuk mencuci jerawat terlalu sering. Mereka pikir mereka memiliki jerawat atau jerawat karena kotoran atau bakteri, yang mana memang benar dengan batasan tertentu. Mencuci terlalu sering justru akan membuat kulit kering, sehingga menyebabkan menciptakan lebih banyak masalah. Kemudian masalah akan lebih buruk ketika anda menggaruk dengan kuku yang mengiritasi kulit dan menambah jerawat baru. Anda harus menahan diri untuk tidak menyentuh jerawat dengan tangan kosong untuk menghindari penyebaran bakteri.
    Selalu gunakan produk sabun dan cleanser jerawat yang bagus saat mencuci wajah. By the way, tidak boleh digosok-gosok dengan kasar. Untuk jenis kulit kering, hindarilah produk scrub karena pasti akan mengiritasi kulit, dan mengeringkannya. Selain itu, jangan menggunakan kosmetik apapun untuk menutupi jerawat gatal (misalnya bedak).
    Cuaca yang panas juga dapat memicu jerawat gatal. Jika anda berkeringat maka kandungan garam dari keringat akan mengeringkan kulit sehingga kulit menjadi gatal. Oleh karena itu, setelah dirasakan ada rasa gatal setelah berkeringat untuk secepatnya mencuci wajah.
    Stres adalah faktor lainnya. Ada kemungkinan bahwa ketika anda sedang stress akan bisa menyebabkan jerawat gatal. Jadi, hal terbaik yang dapat anda lakukan di sini adalah menjaga kehidupan bebas stress. Anda dapat melakukan ini dengan selalu rileks, berolahraga dan makan makanan yang sehat.
    Makanan dan minuman berperan sangat berpengaruh terhadap kondisi jerawat. Cobalah untuk menghindari terlalu banyak gula, minuman ringan, daging, kafein, permen, es krim dan makanan olahan olahan.

Ingat dengan perawatan yang tepat, dan pikiran yang relaks, anda dapat menghindari jerawat gatal.
silahkan anda membaca artikel menarik yg cukup penting ini : cara membuat blog gratis

0 Response to "Cara mengatasi jerawat gatal-gatal"

Posting Komentar